Perencanaan Bisnis Perusahaan Depok.co
RENCANA BISNIS DENIM DEPOK.CO
Dikerjakan bersama :
Ahmad Riswanto (50414599)
blacklantana.blogspot.co.id
Alfred Radja (50414829)
alfredrj.blogspot.com
Helmi Fadhiel (54414874)
helmifadhiel.wordpress.com
Isnaeni Winanda (55414523)
isnaeni110496.blogspot.co.id
Jamaludin Salam (55414592)
utakatikworld.blogspot.com
Rendy Aprian (59414041)
rendyaprian69@gmail.com
A. RINGKASAN EKSEKUTIF
DENIM DEPOK.CO
adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi sandang yang menyediakan
berbagai macam model celana jeans untuk segala jenis umur, mulai dari anak –
anak hingga dewasa, baik pria maupun wanita. Seperti yang diketahui, celana
jeans sudah menjadi pilihan yang cukup sering digunakan dalam berpakaian baik
itu formal maupun kasual. Terlebih lagi ada beberapa jenis jeans yang dapat
berubah tekstur dan warnanya seiring pemakaian dalam jangka waktu terentu.
Dalam rencana pemasaran usaha, kami memasarkan secara offline store dan online
store. Melalui penjualan online kami berharap bisa memudahkan para calon
pembeli yang berada di luar Depok untuk bisa memesan jeans dengan hanya
memberikan ukuran celana yang biasa dipakai oleh calon pembeli tersebut.
1.
Visi dan Tujuan
a)
Visi
Melengkapi
gaya berpakaian simple Anda.
b)
Misi
Kami
memberikan pilihan terbaik dalam berpakaian khususnya celana jeans dengan
kualitas yang terbaik.
c)
Tujuan
Membuat
customer memiliki celana jeans yang awet dan berkualitas tinggi dengan harga
yang bersaing.
2.
Struktur Organisasi dan
Keanggotaan
-
Tenaga
Produksi : Ahmad Riswanto
Alfred Radja
Tenaga
produksi bertanggung jawab dalam hal produksi dan peningkatan kualitas produk.
-
Kurir : Jamaludin
Salam
Kurir
bertanggung jawab dalam hal transport, yaitu mengirimkan barang pesanan ke
alamat customer.
-
Tenaga
Pemasaran : Isnaeni Winanda
Helmi Fadhiel
Tenaga
pemasaran bertanggung jawab dalam mengelola tim penjualan, komunikasi dengan
customer, program pemasaran termasuk di dalamnya pameran perdagangan dan
kegiatan promosi.
-
Kasir : Rendy Aprian
Kasir
bertanggung jawab dalam mengelola semua anggaran biaya perusahaan dan
pendapatan perusahaan.
3.
Ringkasan Kegiatan Pemasaran
Kami memanfaatkan
sosial media dan offline store untuk memasarkan produk – produk kami. Kami
memberikan harga spesial di setiap kelipatan tertentu dan memberikan quiz dan
juga give away pada saat - saat tertentu di website resmi kami. Kami juga akan
aktif membuat artikel – artikel tentang jeans untuk dibagikan kepada customer
atau pengunjung web sebagai wawasan tambahan tentang celana jeans, dari jenis- jenis
jeans yang ada di dunia, cara perawatan sampai ke perkembangan jeans itu
sendiri.
B.
SITUASI
PERUSAHAAN
DENIM DEPOK.CO ini bertempat di tempat
yang cukup strategis yaitu di jantung kota Depok, tepatnya di jalan Margonda
Raya. Target pasar kami mencakup semua kalangan, dari anak kecil hingga dewasa.
Dalam menjalankan bisnis ini terdapat beberapa kendala yang dapat mengganggu
kelancaran produksi, kendala terbesar menurut kami adalah adanya merek lain
yang menjadi pesaing dalam bisnis ini. Namun kami tetap memaksimalkan semuanya
agar tetap menjadi yang terbaik kedepannya.
C.
ANALISA
PESAING DAN ISU – ISU YANG DIHADAPI PERUSAHAAN
1. Analisa
Pesaing
Bisnis denim dewasa ini sangat diminati oleh anak muda. Selain barang
yang dijual bisa bertahan dalam waktu lama, dan tidak basi ( dalam kata lain,
tidak harus stock setiap hari nya ). Denim juga merupakan bisnis yang relatif
mudah untuk di terapkan.
Sandang merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk manusia. Dan bisnis
denim masuk dalam kategori sandang, dimana setiap manusia membutuhkan pakaian.
Lalu, para pelaku bisnis pakaian terus bertambah setiap hari nya. Walaupun
tidak selalu memakai denim atau menargetkan anak muda, mereka tetap menjadi
ancaman pesaing bisnis.
Saat ini, di sekitar lokasi kampus E banyak terdapat bisnis pakaian.
Salah satu nya adalah bisnis yang digeluti salah satu artis terkenal, yaitu
asri welas. Jelas itu merupakan suatu pesaing yang berat dalam menjalani bisnis
pakaian. Karena itu, strategi bisnis, perhitungan Break Even Point (BEP),
menargetkan keuntungan dan memberikan harga yang cukup harus diperhatikan untuk
dapat bersaing.
2. Isu
– isu yang dihadapi oleh perusahaan
Isu yang paling besar dalam bisnis denim atau pakaian adalah saat
produksi. Dimana kualitas kain yang baik dan teknik yang benar harus di
perhatikan pada setiap pakaian yang dibuat. Maka dari itu, harus ada pemilih
kain yang baik dalam internal perusahaan. Sementara itu, perkembangan teknologi
khususnya dalam pemanfaatan social media juga menjadi isu yang patut
diperhitungkan. Karena setiap orang di jaman sekarang memiliki kesempatan yang
sama dalam memasarkan dagangannya. Kreatifitas lah yang menjadi kunci untuk
menyelesaikan isu ini.
D. TUJUAN
PEMASARAN
1. Mengenalkan
kepada masyarakat tentang pakaian yang baik dan bagus untuk dipakai setiap hari
sehingga mereka tertarik
2. Meningkatkan
volume penjualan serta mencapai BEP dalam waktu sesingkat-singkat nya.
E. STRATEGI
PEMASARAN
1. Product
Produk yang kami tawarkan adalah
berbagai jenis pakaian. Namun kami lebih berfokus di celana jeans. Kami
menawarkan celana jeans yang baik dan berkualitas premium dan di jual dengan
harga yang murah, mengandalkan strategi volume bisnis untuk mendapatkan
keuntungan.
2. Price
Untuk harga setiap jenis produk, dapat dilihat di bawah ini.
No.
|
Jenis Jeans
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Indigo
|
25
|
Rp350.000,-
|
2
|
Deep
Indigo
|
25
|
Rp350.000,-
|
3
|
Washed
|
25
|
Rp250.000,-
|
4
|
Black
Indigo
|
25
|
Rp375.000,-
|
Tabel diatas merupakan daftar harga produk yang kami jual.
Pada kolom sebelah kiri terdapat Jenis-Jenis Jeans yang kami sediakan, kemudian
pada kolom tengah merupakan keterangan banyaknya jumlah jeans yang diinginkan.
Lalu pada kolom paling kiri terdapat keterangan harga untuk setiap jeans. Jika
customer menginginkan pembelian 1 paket jeans namun berbeda jenis, maka
custumer dapat memilih 1 jenis jeans dengan jenis jeans lainnya yang memiliki
kesamaan harga. Untuk sistem pembayaran, kami menyediakan pembayaran secara
online/transfer melalui atm dan atau pelanggan dapat langsung mengunjungi
offline strore/toko kami.
3. Promotion
Saat ini kegiatan promosi dilakukan dengan cara menyebarkan brosur, memamerkan
berbagai produk kami di depan toko dengan kondisi yang prima dan berkualitas
paling baik sehingga orang yang melihat dapat menilai sendiri dan dapat membeli
dengan rasa puas.
Kami juga memasarkan produk kami dengan menggunakna media berbasis online
dengan menaruh display di social media seperti Instagram, facebook. Tidak lupa,
juga untuk menggunakan situs e-commerce sebagai media yang lebih lengkap dalam
memasarkan produk.
4. Place
Kami akan berfokus dalam pemasaran
secara offline, karena pakaian merupakan produk yang lebih baik dijual
langsung. Selain pembeli dapat langsung merasakan bahan, memeriksa ukuran untuk
dipakai, serta juga dapat memilih motif atau jenis yang disukai tanpa harus
takut jika banyak hal yang disebutkan di atas miss.
F. KEGIATAN
PEMASARAN
Kegiatan pemasaran dalam perusahaan merupakan salah satu hal yang
penting dalam penentuan sukses atau tidak nya suatu perusahaan tersebut dalam
meraih untung.
Kegiatan pemasaran dilaksanakan oleh para tenaga pemasaran kami. Kami
melakukan pemasaran dengan berfokus pada penyebaran brosur, melakukan giveaway,
diskon, dan juga promosi-promosi yang membuat konsumen tertarik. Tenaga
pemasaran kami akan menargetkan anak muda sebagai prioritas pasar dalam
penjualan. Maka dari itu, mereka akan menyebarkan berbagai brosur yang berisi
diskon, serta event-event yang akan dilakukan oleh perusahaan.
Tidak hanya dalam kegiatan offline, kami juga akan memasarkan produk
dengan online. Tujuan penjualan online adalah agar konsumen yang tempat tinggal
nya jauh dapat membeli pakaian ke perusahaan kami meskipun tidak bisa langsung
mencoba, atau melihat produknya, kami akan men-guarantee-kan semua produk. Jika
tidak sesuai harapan, bisa di kembalikan dan uang akan di refund.
G.
ESTIMASI
ANGGARAN BIAYA
1.
Anggaran
Biaya Produksi
No.
|
Jenis Barang
|
Volume
|
Harga (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
1.
|
Pembelian bahan
a.
Raw
b.
Washed
|
50 potong
50 potong
|
Rp100.000,-
Rp130.000,-
|
Rp5.000.000,-
Rp6.500.000,-
|
2.
|
Pembelian peralatan
(dihitung di awal produksi
saja)
a.
Meja
b.
Kursi
c.
Mesin
jahit
|
5 buah
5 buah
5 buah
|
Rp150.000,-
Rp50.000,-
Rp400.000,-
|
Rp750.000,-
Rp250.000,-
Rp2.000.000,-
|
3.
|
Pembelian asesoris
a.
Zipper
b.
Button
c.
Rivet
|
100 buah
100 buah
300 buah
|
Rp2.500,-
Rp1.500,-
Rp1.000,-
|
Rp250.000,-
Rp150.000,-
Rp300.000,-
|
4.
|
Pembelian lain – lain
a.
Kertas
karton
b.
Lem
putih
c.
Gunting
d.
Plastik
|
50 gulung
5 buah
5 buah
100 buah
|
Rp8.500,-
Rp8.000,-
Rp10.000,-
Rp.500,-
|
Rp425.000,-
Rp40.000,-
Rp50.000,-
Rp50.000,-
|
|
Total
|
|
|
Rp4.265.000,-
|
2.
Biaya
Pemasaran
No.
|
Jenis
Kegiatan
|
Biaya
|
1
|
Iklan media
sosial
|
Rp100.000,-
|
2
|
Pembuatan banner
di dalam toko
|
Rp150.000,-
|
|
Total
|
Rp250.000,-
|
3.
Anggaran
Biaya Gaji Tenaga Kerja
No
|
Tenaga
Kerja
|
Volume
|
Biaya
Gaji
|
Total
Gaji
|
1
|
Tenaga
Produksi
|
2
|
Rp700.000,-
|
Rp1.400.000,-
|
2
|
Kurir
|
1
|
Rp550.000,-
|
Rp550.000,-
|
3
|
Tenaga
Pemasaran
|
2
|
Rp600.000,-
|
Rp1.200.000,-
|
4
|
Kasir
|
1
|
Rp550.000
|
Rp550.000,-
|
|
Total
|
|
|
Rp3.700.000,-
|
Total
Anggaran = Anggaran Produksi + Anggaran Pemasaran + Anggaran Tenaga Kerja =
Rp4.265.000 + Rp250.000 + Rp3.700.000 = Rp8.215.000,-
H.
TARGET NUMERIK PEMASARAN
Target keuntungan yang direncanakan pada
perusahaan kami sebesar 40%, dengan jumlah penjualan yang ditargetkan sebanyak
150 unit produk setiap bulannya. Pengeluaran anggaran biaya produksi yang
diambil dari laba sebesar 30%, lalu untuk anggaran kegiatan pemasaran dan
periklanan sebesar 3%, kemudian anggaran untuk upah tenaga kerja sebesar 30%.
Komentar